Cara Mengolah Gula Aren

Seperti namanya, gula aren berasal dari pohon palem. Sementara jenis gula ini awalnya dibuat dari Palmyra palm juga dikenal sebagai kurma kurma atau kurma sekarang dibuat dari pohon nipah dan Arenga pinnata (aren) juga. Gula jenis ini terbuat dari getah yang dikumpulkan dengan membuat celah di batang pohon palem. Inilah cara mengolah gula aren.

Nira yang dikumpulkan kemudian direbus hingga mengental. Produk serupa juga bisa dibuat dari kelapa sawit dan umumnya disebut sebagai gula kelapa. Perbedaannya adalah bahwa gula kelapa berasal dari kuncup bunga kelapa sedangkan gula aren tradisional dikumpulkan dari pohon itu sendiri.

Manfaat utama gula aren dibanding gula lain adalah bahwa gula berasal dari sumber alami. Gula ini tidak disempurnakan dan diproses berlebihan seperti gula putih tradisional. Proses pembuatan gula aren juga alami dan tidak rumit yang berarti dapat menjadi makanan terlezat. Untuk harga gula aren sangat terjangkau, sangat cocok untuk Anda konsumsi.

Gula aren memberikan sejumlah manfaat lainnya. Gula jenis ini rendah glikemik dan kaya nutrisi tertentu seperti kalium, zat besi, seng dan Vitamin B1, B2, B3 dan B6. Meskipun datang dalam bentuk kristal sehingga dapat digunakan seperti gula biasa, itu tidak dimurnikan. Gula olahan diproses ke titik di mana banyak nutrisi alaminya hilang tetapi gula aren masih mengandung kandungan nutrisi aslinya.

Sebelum Anda mulai bereksperimen dengan gula aren dalam resep Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Gula aren terlihat dan berfungsi seperti gula tradisional, tetapi memiliki rasa yang sedikit berbeda. Rasa gula aren mirip dengan gula merah dengan butterscotch atau catatan karamel halus.

Rasanya kaya dan mendalam tanpa meninggalkan rasa logam di mulut Anda seperti gula cokelat kadang-kadang. Sayangnya, gula aren bukanlah pemanis yang bebas kalori, jadi Anda harus berhati-hati dengan seberapa banyak yang Anda gunakan dalam resep Anda. Gula jenis ini mengandung karbohidrat. Tetapi rendah glikemik yang berarti bahwa karbohidrat tersebut diserap perlahan. Dan tidak akan memiliki efek yang sama pada gula darah Anda sebagai gula tradisional.